Random Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Trending Topic




Kamis, 08 November 2012



Bacaan Alkitab: Kolose 2: 16 – 23; 3: 1 – 4
“Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang diatas, dimana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah” (Kolose 3 : 1)

Melalui pembacaan ini Rasul Paulus mengingatkan jemaat Kolose tentang arti hidup di dalam Kristus. Hal ini dikarenakan jemaat Kolose masih hidup dualisme, artinya satu sisi mereka percaya kepada Yesus sebagai Mesias yang menggenapi seluruh hukum Taurat, tetapi di sisi lain mereka juga masih terikat dengan tradisi-tradisi keagamaan mereka yang lama.
Paulus menegaskan bahwa semua tradisi yang mereka lakukan dahulu hanyalah bayangan Kristus, artinya di dalam Kristus semua tradisi telah disempurnakan oleh Kristus, itu berarti nilai Kristus lebih tinggi dari semua tradisi.
Bagaimana dengan keadaan kita hari ini ? Apakah kita sudah secara mutlak menjadikan Kristus adalah segalanya dalam hidup kita. Atau jangan-jangan kita masih seperti jemaat Kolose. Kita masih tawar menawar, misalnya dalam memilih hari baik, atau angka-angka yang dikeramatkan, atau mencari kekayaan—kesembuhan kepada orang-orang pintar.  Sebagai orang Kristen yang sudah sepenuhnya dalam Kristus tentu tidak melakukan hal itu kagi. Sebab semua ada dibawah kendali Kritus. Paulus mengingatkan bahwa semua yang kita cari atau kita lakukan sekalipun kelihatannya sangat baik tetapi kalau itu diluar Kristus adalah kita hidup untuk mencari kemuliaan dan memuaskan hidup duniawi.
Di luar Kristus kita akan disibukkan untuk mencari perkara-perkara dunia untuk memuaskan manusia duniawi kita, sebaliknya di dalam Kristus kita akan disibukkan mencari perkara-perkara di atas untuk memuaskan manusia rohani kita.
Manusia duniawi akan binasa dengan segala keinginannya sebaliknya manusia rohani akan mengalami kemuliaan dan keabadian di dalam Kristus.


0 komentar:

Posting Komentar